Oke, menyambung
artikel sebelumnya yang mengisahkan pengalaman pertama saya di-
suspend oleh Twitter, berikut ini saya akan menjelaskan cara meng-
unsuspend akun Twitter yang (terlanjur) ter-
suspend. Memang, di-
suspend oleh Twitter bukanlah pengalaman yang menyenangkan, tapi saya rasa hikmahnya adalah bahwa sebagai
user, kita memang harus benar-benar paham betul dengan peraturan yang ada (di Twitter). Kejadian kemarin itu (akun ter-
suspend) membuat saya jadi benar-benar membaca segala peraturan Twitter dan memang saya (dalam hati) merasa, "
Oh, come on! Segitunya ya?" Tapi ya... lagi-lagi, kita sebagai
user maka kita harus mematuhi
rules yang ada.
Kenapa bisa ter-
suspend? Ada baiknya Anda juga membaca peraturan-peraturan Twitter
di sini.
Oke, pertama ketika akun Anda ter-
suspend untuk
PERTAMA kalinya,
jangan panik. Ingat, Anda
tetap bisa sign in ke akun Anda, hanya saja, Anda tidak bisa men-
tweet dan melihat
followers dan orang-orang yang Anda
follow.
Sementara itu, timeline Anda masih tetap ada (utuh). Jadi, tidak ada
yang perlu dikhawatirkan karena Anda hanya perlu melakukan beberapa
langkah berikut ini untuk mengaktifkannya kembali.
Pertama, ketika muncul notifikasi bahwa akun Anda ter-
suspend, yang harus Anda lakukan adalah mengklik
link "Suspended Accounts" seperti yang tertera pada gambar di bawah ini.
Nah, setelah itu Anda akan diarahkan pada halaman "
Your account has been suspended"
dan Anda diminta untuk mengonfirmasi bahwa Anda tidak akan mengulagi
perbuatan Anda. Kemudian Anda harus memasukkan kode konfirmasi dan
mengklik tombol "
Confirm". Setelah itu akun Anda pun akan kembali aktif. Mudah bukan?
Masalah kemudian muncul jika Anda (sebagai manusia) khilaf dan akun Anda (terlanjur) ter-
suspend untuk yang
KEDUA kalinya. Padahal pada peryataan yang telah Anda konfirmasi saat
suspension
yang pertama, dengan mencentang dua box pernyataan artinya Anda
menyetujui bahwa jika akun Anda (lagi-lagi) menyalahi aturan Twitter,
akun Anda akan di-
suspend secara permanen. Ya, saya pun sampai
pada tahap kekhilafan yang kedua kali ini. Lantas, jika demikian, apa
yang harus dilakukan? Apakah akun kita benar-benar di-suspend secara
permanen? Untungnya tidak, karena di halaman depan (
timeline) Twitter yang ter-
suspend kedua kalinya ini statusnya masih "
currently suspended", belum "
permanently suspended".
Nah, cuma caranya agak berbeda dengan cara di awal tadi. Pada tahap ini Anda harus menghubungi Twitter langsung.
Pertama, tampilan halaman depan akun Anda akan tidak jauh berbeda pada saat ter-suspend pertama kali.
|
Klik gambar untuk memperbesar |
Di halaman Anda tetap muncul notifikasi bahwa akun Anda ter-
suspend. Anda tetap harus mengklik
link "Suspended Accounts", hanya saja
link tersebut tidak akan mengarahkan Anda ke halaman "
Your account has been suspended". Anda akan dibawa ke halaman "My Account is Suspended". Kemudian yang harus Anda lakukan adalah mengklik
link "Contact Support" seperti yang tertera pada gambar di bawah ini.
|
Klik gambar untuk memperbesar |
Setelah itu Anda akan dibawa ke halaman "
How can we help?" Kemudian yang harus Anda lakukan adalah mengklik
link "Suspended account" seperti yang tertera pada gambar di bawah ini.
|
Klik gambar untuk memperbesar |
Setelah itu, Anda akan diarahkan ke halaman "Report Problem". Di sini
Anda diminta untuk menjelaskan masalah Anda. Anda isikan seluruh kolom
isian mulai dari
Subject, Desciption of problem, Full name, Twitter username, dan
Email address. Untuk
Phone number itu opsional, artinya boleh diisi, boleh juga tidak. Setelah itu Anda klik tombol "
Submit" dan tunggu balasan dari Twitter di
inbox email Anda. Oh iya, email yang ditulis haruslah email yang Anda gunakan sebagai email
sign in di Twitter Anda. Atau, bisa juga Anda langsung mengarah ke alamat berikut:
https://twitter.zendesk.com/requests/new hasilnya tetap akan mengarah pada halaman seperti gambar di bawah.
|
Klik gambar untuk memperbesar |
Perlu diperhatikan bahwa sebaiknya Anda menuliskan isi "permohonan" Anda
dalam bahasa Inggris. Tentunya itu akan semakin mempermudah dan
mempercepat proses permohonan Anda. Tidak perlu khawatir jika balasan
agak lama karena yang membalas email Anda adalah manusia asli, bukan
robot penjawab pesan. Jadi, harap maklum jika agak lama. Beberapa
referensi yang saya baca di dunia maya, lama balasan berkisar antara 2
–
3 hari, bahkan bisa juga seminggu. Namun, saya tampaknya cukup
beruntung karena mendapat balasan hanya dalam kurun waktu 30 menit saja.
Anyway, saya mendapat beberapa pertanyaan terkait munculnya pesan:
"There was an error preventing ticket submission. Please try again later."
Jujur, saya belum pernah mengalami kejadian ini dan setelah saya coba
search, ternyata cukup banyak orang yang pernah mendapatkan pesan
seperti di atas. Namun, mungkin jika hal itu terjadi pada Anda, Anda
bisa mencoba menuju Twitter Support pada alamat ini:
https://support.twitter.com/forms/impersonation.
Sebetulnya ini adalah cara yang hampir mirip, tapi siapa tahu bisa
berguna. Ketika Anda mengklik alamat tersebut maka akan muncuk tampilan
halaman seperti gambar di bawah ini:
|
Klik gambar untuk memperbesar |
Namun, beberapa ada yang mengatakan bahwa pesan itu muncul karena
"error" sementara dari Twitter. Beberapa orang lain juga mengatakan
bahwa kemungkinan pesan itu muncul karena
browser yang dipakai.
Saya pribadi menggunakan Mozilla Firefox. Oke, kembali ke pembahasan.
Jadi, setelah Anda mendapatkan email balasan, pastikan Anda segera
membalas email tersebut dengan menyertakan segala persyaratan yang
diminta. Persyaratan yang diminta di sini maksudnya adalah pernyataan
tertulis bahwa kita sebagai
user mengaku salah dan berjanji tidak akan mengulangi kesalahan tersebut. Sebagai contoh, ketika akun Twitter saya ter-
suspend, saya menulis:
I am so sorry if I made many spam tweets and the impact is now my
account is suspended. I am hereby apologize and hopefully my account
could be reactivated soon. And I am hereby promise that I will never
spamming again. I miss my account so much. I hope to hear the reply
soon.
Agak konyol
sih rasa-rasanya ketika menuliskan "
I miss my account so much",
tapi ya... siapa tahu dengan begitu Twitter bisa lebih "berperasaan".
Ya, itu tadi, yang membalas email kita adalah staf Twitter, manusia
juga, pasti punya perasaan juga.
Nah, seperti yang saya ceritakan
di atas, tidak lama setelah saya mengirim permohonan tersebut, Twitter
membalas ke email saya, seperti gambar di bawah ini:
|
Klik gambar untuk memperbesar |
Poin pentingnya adalah bahwa Twitter menginginkan saya menghentikan beberapa kemungkinan yang menyebabkan akun saya di-
suspend, seperti menghentikan aplikasi pengirim DM otomatis, "beriklan" pada
username tertentu, atau jika kita me-
mention banyak
orang secara manual; salah satu dari tiga poin itu harus dihentikan.
Berikut ini adalah kutipan pesan balasan dari Twitter:
Before reinstating your account, we request: • If you are using tools to
help you automatically message users, please stop. • If you've signed
up for a service aimed at sending targeted @ replies, you'll need to
discontinue use and change your password, so they're no longer able to
access your account. • If you were messaging large numbers of users via @
reply manually, please don't continue to do so. Could you reply to this
message to confirm that you'll cease any of the above behaviors?
Kemudian, setelah kita mendapat email tersebut, kita harus segera
membalasnya. Karena kalau tidak, permohonan kita akan dibaikan. Memang
sebenarnya ada dua hal yang saya kurang mengerti dari email balasan
Twitter ini,
pertama, ada tulisan:
##- "
Please type your reply above this line -##"
Nah, ini saya kurang paham apa maksudnya.
Line yang manakah yang dimaksud? Kemudian ada juga kalimat: "
... please include all information in the body of your request. <b>Your request summary is:</b>" Membaca kalimat itu pun saya tidak benar-benar mengerti maksudnya apa? Tapi akhirnya saya me-
reply dengan menempatkan balasan saya di bawah
body email yang saya dapat dari Twitter.
|
Klik gambar untuk memperbesar |
Yang saya tulis sebagai email balasan saya ke Twitter adalah:
I am hereby confirming and promise that I am, as a user, will not
message large numbers of users via @ reply manually, I will not continue
to do so. I am so sorry if I made many spam tweets and the impact is
now my account is suspended. I am hereby promise that I will never
spamming again and I will not message large numbers of users via @ reply
manually.
Memang, karena masalah akun saya ter-
suspend akibat "aksi"
mention "brutal" saya dalam rangka mempromosikan salah satu kegiatan/acara yang sedang saya urus maka saya menuliskan "
... will not message large numbers of users via @ reply manually."
Namun, jika kasus Anda berbeda, Anda harus menuliskan apa yang akan
Anda janjikan. Setelah itu, silakan tunggu balasan berikutnya dari
Twitter. Lama balasan ini pun bervariasi, tapi saya cukup beruntung
karena email saya dibalas hanya dalam waktu 20 jam saja. Isi balasannya
adalah sebagai berikut:
|
Klik gambar untuk memperbesar |
Email balasan kedua itu intinya adalah bahwa Twitter telah mengaktifkan
kembali akun Twitter saya, tapi perlu dicamkan bahwa sekali lagi saya
berbuat demikian maka akan mengakibatkan
permanent suspension. Namun, untuk mengembalikan
followers Anda akan dibutuhkan waktu sekitar 1
– 2 jam. Jadi, jika Anda mengalami hal serupa, semoga tulisan ini membantu, dan selamat mencoba!
Good luck!
0 komentar:
Posting Komentar